Jumat, 16 September 2016

Ini Pemberdayaan Bung!

Standard

Ini program pemberdayaan, memberikan kepercayaan utk orang berbuat semampunya dengan minimal prosedur, bukan mengkrangkeng mereka dengan banyak prosedur hingga tidak berdaya
By.  Ridho Hudayana (Fasilitator GSC Menyuke)
Alasan yang logis bagi saya ketika mendengar kata pemberdayaan,  artinya adalah membuat orang yakin bahwa mereka memiliki kekuatan untuk melakukan yang luar biasa dalam hidupnya. 
Dan yang pastinya orang yang diberdayakan adalah orang yang pada awalnya tidak memiliki keyakinan akan kekuatan yang ada dalam dirinya. Karena untuk mengakses layanan yang disediakan pemerintah seperti menara gading, yang sulit dicapai, maka dengan jalan pemberdayaanlah membuat mereka mudah untuk mengakses layanan dari pemerintah itu. Karena cita cita  pemberdayaan sejatinya menurut saya, membangun manusia seutuhnya untuk hidup mandiri dan berbagi sesama.
Tentu pemberdayaan ini selalu didasari oleh rasa percaya dan memberikan kemudahan untuk subjek yang diberdayakan untuk mengakses layanan yang tersedia, dan membantu nya untuk membuat rencana hidupnya kedepan, serta membantu permasalahan dirinya yang menghambat kemandirian nya.
Kita perlu memberikan langkah mudah tanpa mengurangi kualitas tentang cara memperoleh akses layanan,  dan memberikan kepercayaan mereka untuk mencoba apa yang dia bisa.  Karena jika kita peraulit mereka dengan kerumitan proses yang menghambat dan melambatkan dirinya, tentu banyak kegagalan yang akan mereka hadapi dalam kondisi mereka sedang mencari temukan kekuatan dirinya.
Maka sebagai pemberdaya logisnya adala mempermudah jangan mempersulit, berilah kabar gembira lebih banyak dari berita sedihnya, sehingga harapan mereka tetap membara,  agar mereka yakin mereka juga bisa memiliki kekuatan yang besar sampai tak terhingga.
Wallahu'alam bisshowab
#fasilitator #menyuke #landak #tanah #dayak #kalbar
#permudahkanlah jangan #dipersulit #jagakualitas

0 komentar:

Posting Komentar